12 HARTA KEHIDUPAN

Di era sekarang yang serba materialistis, kaya selalu di identifikasikan sebagai kepemilikan uang atau benda-benda prestise yang "wah" tapi ingat banyak orang yang disebut kaya malahan tidak bisa menikmati kekayaannya, bahkan sampai tidak bisa memaknai arti kekayaannya sehingga sering ada orang kaya yang kena strooke, serangan jantung, masuk penjara karena korupsi, selingkuh atau malah foya-foya menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna.
Disini saya hanya menyikapinya dengan memberi sedikit solusi yang mungkin sudah anda ketahui tapi paling tidak dapat menjadi wacana bahwa menjadi katagori orang kaya itu ternyata tidak mudah karena perlu menapaki proses perolehan harta kehidupan yang banyak yang mungkin tidak kita sadari bahwa itu adalah harta / anugrah dari Allah SWT yang sesungguhnya.
Diantara harta - harta yang harus kita tempuh adalah sbb:

1. Iman
Dalam menapaki kehidupan ini keimanan adalah sangat penting, terutama sebagai landasan moral dan etika. Iman tidak bisa datang dengan sendirinya iman harus dibangun, di pupuk dan dipertahankan dalam kalbu hati pada ranah kesempurnaan ibadah. Jika baik ibadah kita maka dapat dipastikan sempurna pula iman kita. Bersyukurlan sebagai manusia kita masih diberi Iman dan takwa. Selama kita hidup, seyogianya kita wajib mengejar keimanan itu sebagai bagian dan bekal dan tujuan hidup kita di dunia dan akhirat. 

2. Sikap Mental yg Positif
Kehidupan ini penuh dengan aral dan rintangan. Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah, semua ada ujiannya. Manusia telah dibekali oleh Allah SWT. bekal akal dan budi yang patut di selaraskan dengan permasalahan kehidupan ini. Jika permasalan hidup ini di lihat dari sisi negatif maka pasti hasilnya pun akan negatif , sebaliknya bila hidup ini kita sikapi dengan positif atau selalu diambil hikmahnya maka pasti Allah SWT. akan selalu memberi jalan keberhasilan. Sikap mental ini pun harus dibangun dengan dilandasi dengan percaya diri bahwa Allah SWT akan senantiasa memberi jalan bagi umatnya yang terus berusaha memperbaiki nasibnya. 

3. Kesadaran akan kesehatan
Berusahalah agar selalu sehat dengan demikian hidup kita bisa lebih bermakna dan sejahtera, artinya kalau kita bisa menghargai hidup ini maka hargailah kesehatan jasmani dan rohani kita karena bagaimana kita bisa optimal mencari rejeki jika badan kita sakit.

4. Hubungan antar manusia yang harmonis
Dalam kehidupan manusia selalu berinteraksi aktif dengan lingkungannya, lingkungan bisa terdiri dari alam dan manusia disekitarnya, untuk menjaga keselarasan hidup maka seyogianya manusia harus bisa menjaga dan mempertahankan keharmonisan elemen-elemen tersebut agar hidup kita di masyarakat selalu lebih bermakna.

5. Bebas dari Ketakutan
Janganlah pernah takut dengan hal-hal negatif seperti : jatuh miskin, dikritik orang, kehilangan cinta, kehilangan kebebasan, menjadi tua dan takut mati. Yakinlah bahwa semua itu adalah cobaan dari Allah SWT. dan Yakinlah bahwa semua sumber ketakutan itu dapat menjadi hambatan kita untuk melangkah lebih maju lagi dalam hidup ini.

6. Pengharapan adanya sebuah Prestasi
Hidup harus mempunyai tujuan visi dan misi yang jelas dan tertata rapi, untuk meraih semua itu sangat penting untuk menghadirkan DREAM atau impian hidup itu sendiri misalnya dengan merenungi dalam hati, “ untuk apa hidup ini, untuk siapa hidup ini, bagaimana meraih keberhasilan dalam hidup ini” . Afirmasikan terus dream anda, sertakan dalam mimpi anda dalam perasaan kalbu anda seraya bersorak bahwa ANDA DAPAT MERAIH APA YANG ANDA CITA-CITAKAN!!!!

7. Keinginan untuk membagi kebahagian untuk orang lain
Tolok ukur dari keberhasilan hidup adalah jika orang tersebut dapat membahagiakan lahir dan bathin orang- orang disekitarnya, selalu bersikaplah berguna dan diperlukan bagi orang banyak, selalu peduli dengan orang lain atau berprinsip ikhlas dalam memberikan sesuatu yang terbaik pada orang lain meskipun itu hanya senyum dibibir.

8. Kasih sayang
Mulailah bangun perasaan kasih sayang itu pada kecintaan pada keluarga anda yang terdekat, bangun empati anda untuk orang-orang disekeliling anda, kasih sayang akan timbul bersamaan dengan sikap keperdulian anda.

9. Toleransi
Keselarasan hidup kita tentunya tidak lepas dari proses interaksi dan pola komunikasi di masyarakat. Sebagai entitas aktif di masyarakat sebaiknya kita harus selalu berprinsip menjadi GELAS KOSONG yang selalu dapat menampung informasi yang berguna dan selalu dapat bersikap positif dengan orang lain, atau selalu punya pikiran yang terbuka .

10. Disiplin diri
Manusia wajib menata hidupnya dengan baik, semua harus terprogram dan terencana dan semua yang sudah kita susun harus dipatuhi, untuk itu kita wajib mempunyai manajemen waktu yang baik, patuh akan hukum dan aturan yang berlaku.

11. Kemampuan untuk memahami orang lain
Dalam hidup sering kita menjumpai sifat dan karakter orang yang berbeda, kadang karena rasa ego, kita menjadi merasa lebih superior dengan orang lain, kalau hal ini terjadi sebetulnya kita telah menjadi pribadi yang kerdil, memahami orang lain adalah sulit, untuk lebih mudah memahami orang lain maka sebaiknya pahami dulu diri kita sendiri, baru dari sisi yang berlainan jadikan kita menjadi orang lain tersebut, maka niscaya kita dapat memahami orang lain. Kuncinya adalah satu JANGAN BERPRASANGKA JELEK.

12. Jaminan Keamanan Keuangan
Arti uang bukan segala-galanya tetapi dalam hidup ini nilai uang sangat menentukan segala-galanya. Kuncinya adalah kita wajib mencari rejeki sebanyak-banyaknya untuk jaminan masa depan kita dan setelah itu yang terpenting adalah pengelolaan cash-flow yang terencana dari uang tersebut. Carilah rejeki yang halal dan barokah, tapi tentunya harus sangat menjanjikan dan menguntungkan kita di masa depan.




Comments